Pedoman Desain Situs Mobile

pedoman-desain-situs-mobile

Situs yang responsive dan mobile friendly memang sangat dibutuhkan pagi para pemilik situs. Apalagi di zaman sekarang banyak orang yang menggunakan gadget seperti handphone untuk melakukan pencarian informasi, dan seakan-akan handphone tidak pernah lepas dari tangan. Dengan situs yang didesain responsive dan mobile friendly otomatis akan menghasilkan kesenangan bagi pengunjung yang mengunjungi situs Anda. Terlebih lagi jika situs Anda itu adalah aset untuk mendapatkan keuntungan finansial, maka pastinya situs yang didesain responsive dan mobile friendly tersebut adalah ladang uang untuk Anda. Nah dibawah ini adalah pedoman desain situs mobile yang bisa Anda lakukan pada situs Anda.

Halaman Depan & Navigasi Situs

Tonjolkan panggilan untuk bertindak
Tempatkan panggilan-untuk-bertindak (call-to-action) utama di bagian situs Anda yang paling menonjol (biasanya di depan dan tengah).

Pastikan menu singkat dan jelas
Menu pendek dengan kategori yang jelas akan lebih mudah untuk dinavigasi oleh pengunjung dari mobile.

Mudah untuk ke halaman depan
Pastikan bahwa pengunjung mudah kembali ke halaman depan.
Gunakan logo Anda sebagai tombol navigasi untuk kembali ke halaman depan.

Jangan gunakan terlalu banyak iklan dan promosi
Pastikan promosi tidak mengganggu navigasi dan jelas berbeda dari panggilan-untuk-bertindak.

Pencarian Situs

Pastikan fungsi pencarian situs terlihat jelas
Tempatkan pencarian situs Anda di dekat bagian atas halaman depan Anda dalam bentuk kolom teks.

Pastikan hasil pencarian relevan & akurat
Pastikan pencarian situs Anda menampilkan hasil yang paling relevan terlebih dahulu, dan terapkan fitur smart-search seperti autocomplete dan koreksi ejaan.

Gunakan filter
Gunakan filter untuk membantu pengguna mencari apa yang mereka butuhkan, tapi pastikan mereka tidak dapat menyaring hasil pencarian hingga tidak ada hasil sama sekali.

Bimbing pengguna ke hasil pencarian terbaik
Jika penawaran Anda dapat dengan mudah dipersempit dengan segmen, mengajukan beberapa pertanyaan di muka membantu memastikan pengunjung melihat hasil yang relevan.

Niaga & Konversi

Biarkan pengguna melihat konten situs sebelum melakukan pendaftaran
Memperbolehkan pengunjung untuk menggunakan situs Anda tanpa mendaftar untuk akun terlebih dahulu.

Biarkan pengguna melakukan pembelian sebagai tamu
Menawarkan pilihan untuk membeli/checkout sebagai tamu dan anjurkan pengunjung untuk daftar dengan menawarkan manfaat nyata (misalnya checkout yang lebih cepat dan mudah).

Gunakan informasi yang sudah ada untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna
Mengambil keuntungan dari informasi yang sudah Anda miliki (Misalnya untuk pelanggan yang sudah daftar, ingat dan otomatis isi data mereka).
Gunakan jasa pembayaran pihak ketiga untuk mempermudah pembelian.

Gunakan tombol click-to-call untuk tugas kompleks
Menawarkan tombol click-to-call yang menonjol dapat mencegah pengguna dari meninggalkan proses transaksi Anda ketika mereka perlu memberikan informasi yang kompleks.

Mempermudah penyelesaian konversi pada perangkat lain
Pengunjung perangkat seluler mungkin sedang melakukan riset untuk membeli di lain waktu, maka tawarkan cara mudah untuk melanjutkan proses di perangkat lain via berbagi lewat social media, email atau fungsi save-to-cart.

Pengisian Formulir

Persingkat pengisian informasi
Tawarkan pengguna tombol angka untuk bagian yang memerlukan pengisian nomor, dan secara otomatis membawa mereka ke bagian pengisian formulir selagi mereka mengisi informasi.

Gunakan cara pemilihan yang paling sederhana
Pertimbangkan menu toggle atau drop-down untuk setiap pertanyaan di form, pastikan pilihan tersebut dapat dengan mudah ditekan.

Sediakan kalender visual untuk memilih tanggal
Usahakan pengunjung tetap berada pada situs dengan menyediakan pilihan tanggal dengan kalender visual.

Minimalkan kesalahan pengisian dengan label dan validasi saat itu juga
Gunakan label yang jelas agar pengguna tahu informasi yang dibutuhkan, dan validasi kesalahan sebelum form dikirimkan.

Desain form yang efisien
Minimalkan jumlah kolom form, dan autofill informasi sebanyak mungkin. Gunakan label pada progres bar untuk membantu pengguna dengan tahap pengisian form.

Kegunaan & Faktor Formulir

Optimalkan seluruh bagian situs mobile
Situs Anda paling mudah digunakan apabila di-desain untuk mobile.

Pastikan gambar tampak jelas tanpa perlu diperbesar
Pengunjung dapat melewatkan call-to-action jika harus memperbesar halaman. Desain situs untuk menghindari hal tersebut.

Permudah pengguna untuk memperbesar gambar produk Anda
Sertakan closeup dengan kualitas tinggi untuk foto produk Anda.

Beritahu pengguna orientasi layar mana yang paling sesuai
Informasikan kepada pengguna bahwa situs bekerja paling baik dengan orientasi tertentu, namun pastikan call-to-action dapat berjalan dengan semua orientasi.

Tahan pengguna pada satu jendela browser
Pastikan call-to-action Anda berada dalam 1 jendela browser.

Hindari label “full site” atau “situs lengkap”
Permudah peralihan pengalaman situs, namun gunakan label “desktop”, dan bukan “lengkap” untuk memastikan keduanya memiliki pengalaman yang sama.

Jelaskan mengapa Anda membutuhkan lokasi pengguna
Selalu jelaskan mengapa Anda membutuhkan lokasi pengguna, dan bagaimana informasi tersebut akan mempengaruhi pengalaman browsing mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published.