5 Hal yang Harus Anda Ketahui Pada Google Analytics

5-hal-yang-harus-anda-ketahui-pada-google-analytics

Jika Anda mendatangi sepuluh pakar SEO dan menanyakan program apa yang seharusnya ada di toolbar Anda, setidaknya sembilan di antara pakar SEO tersebut akan menjawab “Google Analytics”. Google Analytics memang sudah banyak digunakan oleh para pakar SEO untuk melacak dan mengukur kinerja sebuah website. Terlepas dari fakta bahwa program tersebut mungkin memata-matai namun Google Analytics memang mengagumkan bagi pakar SEO.

Beberapa pakar atau konsultan jasa SEO telah menemukan bagaimana membuat Google Analytics menjadi lebih baik. Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Analytics Anda…? Simak ulasan dibawah ini…!

5 Hal yang Harus Anda Ketahui Pada Google Analytics

Setiap pemilik website membutuhkan analisis di situs mereka. Apakah Anda menawarkan informasi selangkah demi selangkah di situs Anda, atau Anda memiliki keseluruhan blog yang mendorong penjualan untuk bisnis Anda, Anda perlu tahu kinerjanya.

Google Analytics memang program yang mengagumkan, namun Anda dapat melakukannya lebih baik lagi untuk menganalisis situs Anda. Mari kita lihat lima pencapaian untuk memperbaiki pengalaman Anda dalam program Google Analytics.

# 1. Pelacakan Peringkat

Tujuan akhir SEO adalah untuk mendapatkan situs Anda di peringkat teratas Google. Sungguh menakjubkan bahwa Google Analytics tidak menunjukkan hal ini kepada Anda secara default.

Konsep ini melibatkan filter khusus yang akan menarik laman rujukan dari Google. Hal tersebut memungkinkan Anda mengetahui peringkat-peringkat halaman Anda di hasil pencarian.

# 2. Analytics Halaman

Dengan alat sederhana di browser Chrome dari Google Anda dapat meningkatkan pengalaman Anda dengan Google Analytics. Alat ini memungkinkan Anda melihat bagaimana pelanggan berinteraksi dengan halaman Anda dan memberi Anda wawasan tentang pengalaman pengguna mereka.

Metrik seperti tayangan laman, rasio pentalan, pengunjung aktif secara waktu nyata dan lebih banyak lagi semuanya dapat dilihat di laman. Hal ini bagus saat Anda mencoba menargetkan halaman tertentu. Anda hanya perlu memastikan GA memiliki akses ke halaman ini.

# 3. Grafik yang Disesuaikan

Biasanya dalam proses manual untuk membuat laporan adalah dengan menggunakan screenshot grafik GA, beberapa grafik bisa terlalu besar atau tidak diatur dengan benar agar bisa bermanfaat. Dalam Google Analytics sendiri, Anda dapat membuat widget dari dimensi dan metrik mana pun untuk menerapkan filter khusus. Hal ini akan menarik data persis yang Anda inginkan.

Contoh sempurna adalah halaman arahan. Katakanlah Anda ingin menentukan peringkat berdasarkan konversi berdasarkan sumber lalu lintas tertentu. Meskipun hal itu tidak mungkin dilakukan, Anda dapat membuat widget yang menarik halaman arahan yang diurutkan berdasarkan konversi dan kemudian menerapkan filter untuk sumber lalu lintas. Persis seperti itu, Anda memiliki tabel khusus yang jauh lebih sesuai dengan laporan Anda.

# 4. Ukur Keterlibatan Sosial

GA juga memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan plugin sosial yang memungkinkan Anda memasukkan saham sosial ke dalam laporan Anda. Ini memberi Anda lebih banyak pilihan untuk detail daripada pelacakan peristiwa dasar. Pengembang dapat melakukan ini untuk Anda, atau Anda dapat menggunakan plugin SocialTracker untuk menambahkan pelacakan sosial ke tombol Facebook dan Twitter.

Anda harus menyesuaikan kode Anda untuk melacak keseluruhan data atau Anda memerlukannya untuk melacak plugin individual saja. Plugins seperti ini adalah mengapa WordPress juga merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk situs web dan pengoptimalan. Anda dapat menemukan laporan pertunangan sosial di bawah Akuisisi> Sosial> Plugin

Anda juga dapat menggunakan dimensi “entitas sosial” untuk melihat saham berdasarkan URL.

# 5. Anotasi

Alat anotasi di Google Analytics memungkinkan Anda membuat catatan tentang situs web, metrik, atau hal lain yang perlu dilacak dalam program. Anda bisa menggunakan alat ini di seluruh GA dan sangat mudah digunakan.
Saat Anda melihat laporan dan grafik GA, ada panah di bawahnya. Untuk membuat anotasi, klik tanda panah untuk memperluas grafik dan kemudian klik “buat anotasi baru.” Dari sana, cukup tambahkan catatan yang Anda butuhkan untuk hal-hal yang ingin Anda ingat nanti.

Anotasi alat yang sederhana namun penting saat Anda berurusan dengan sesuatu yang sehebat dan luas seperti Google Analytics. Ini akan membantu Anda membuat pikiran Anda tetap teratur dan semua catatan Anda ada di satu tempat.

Google Analytics memang sangat berguna sekali bagi para konsultan Jasa SEO untuk mengetahui kinerja suatu website dan juga bisa dijadikan sumber untuk report weekly (laporan mingguan) atau report monthly (laporan bulanan) untuk client.

Leave a Comment

Your email address will not be published.