5 Cara Menargetkan Pelanggan Ideal Anda di Facebook

5-cara-menargetkan-pelanggan-ideal-anda-di-facebook

Hallo Guys…! Bagaimana kabarnya…? Sehat dong…? Pastinya…! Btw daripada gue bengong di Minggu sore ini, mendingan gue menulis artikel dengan ditemani secangkir kopi hitam nih. Eh ya pada kesempatan kali ini gue mau menulis sebuah tema “Cara Menargetkan Pelanggan Ideal Anda di Facebook”, siapa sih yang gak tau Facebook (FB). Gue yakin loe semua sudah pada tau kan kalo Facebook adalah raksasa sosial media milik seorang yang bernama Mark Zuckerberg atau lengkapnya Mark Elliot Zuckerberg. Yuk kita sedikit flashback, “Mark Zuckerberg mendirikan Facebook pada tahun 2004 bersama temannya dan menjadi miliarder termuda pada tahun 2008”.

Dulunya Facebook hanya sebagai situs jejaring sosial. Tapi mulai berkembangnya zaman Facebook kini juga bisa menjadi media beriklan atau bisa disebut Facebook Ads. Apa sih Facebook Ads…? “Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook yang bermanfaat untuk ajang promosi atau mengiklankan suatu fan page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook itu sendiri dengan jangkauan (target) yang berbeda yang dapat diatur oleh pemasang iklan sesuai dengan apa yang ingin dicapai atau ditargetkan”.

Sesuai dengan tema hari ini “Cara Menargetkan Pelanggan Ideal Anda di Facebook” maka yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh seorang pemasang iklan adalah mengetahui “Siapakah pelanggan Anda…?” Anda harus mengetahui siapakah pelanggan yang akan Anda jangkau untuk produk yang Anda akan pasarkan. Hal demikian merupakan elemen yang penting untuk kesuksesan campaign iklan Anda karena tentunya Anda hanya ingin menargetkan orang-orang yang potensial dan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Berikut dibawah ini adalah 5 kemampuan targeting utama di Facebook yang harus Anda ketahui sebelum beriklan di Facebook :

# 1. Target Berdasarkan Demografis

Target Demografis ini meliputi Lokasi, Umur, Jenis kelamin, itu artinya target demografis adalah iklan yang menargetkan berdasarkan lokasi, umur dan jenis kelamin. Untuk lebih jelasnya seperti ini :
Lokasi : Dari negara hingga kode pos, baik brand besar hingga toko lokal dapat menargetkan pelanggan potensial mereka.
Umur : Target yang Anda ingin capai, apakah Anda ingin menargetkan para remaja, keluarga muda atau para pensiunan. Di kategori umur ini Anda memiliki kebebasan untuk memilih rentang usia berapapun.
Jenis Kelamin : Pada ketegori ini Anda dapat menargetkan jenis kelamin tertentu. Tidak hanya itu terdapat juga kategori atau pilihan untuk melihat rentang demografis. Contohnya, Anda dapat menargetkan orang-orang berdasarkan pandangan politik mereka, pekerjaan, etnis, peristiwa kehidupan, dll.

# 2. Target Berdasarkan Koneksi

Penargetan berdasarkan koneksi ini memungkinkan Anda untuk menargetkan fans dari page atau halaman Facebook Anda, teman-teman dari fans atau orang-orang yang bukan fans halaman Anda. Anda juga dapat menargetkan teman-teman dari fans Anda, yang dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk membagikan konten yang Anda promosikan. Lalu keuntungan lainnya dari terget berdasarkan koneksi adalah menyediakan bukti sosial bahwa teman mereka telah menyukai halaman Anda, sehingga mendorong minat mereka untuk menyukai halaman Anda.

# 3. Target Berdasarkan Perilaku

Target berdasarkan perilaku ini memungkinkan Anda untuk menargetkan orang-orang berdasarkan riwayat pembelian dan bahkan rencana pembelian mereka. Hal ini sangat berguna jika Anda menargetkan orang-orang yang baru saja merencanakan perjalanan mereka. Sebagai tambahannya, Anda dapat menargetkan berdasarkan gadget atau smartphone yang mereka gunakan apakah iphone atau android.

# 4. Target Berdasarkan Pemirsa Khusus

Target berdasarkan pemirsa khusus merupakan cara nyata untuk menargetkan pemirsa Anda menjadi lebih spesifik lagi. Jika Anda memiliki data nomor telepon, data email atau data ID pengguna Facebook yang telah mendaftar ke database Anda,Anda dapat mengunggah data daftar ini ke Facebook. Nantinya daftar tersebut akan digunakan untuk membuat pemirsa khusus termasuk semua orang yang Facebook temukan dengan menggunakan daftar Anda. Jadi, jika Anda mempunyai daftar detail kontak pelanggan dalam database Anda, Anda dapat memperluas data pelanggan Anda di Facebook dan menargetkan dan meningkatakan penjualan produk atau jasa Anda.

# 5. Target Berdasarkan Minat

Satu target terbaik yang Facebook miliki adalah minat karena Anda dapat menargetkan orang-orang yang berminat terhadap subyek tertentu berkaitan dengan produk atau jasa Anda. Contohnya, Anda dapat menargetkan orang-orang yang terkait dengan pesaing Anda atau tema blog tertentu yang berkaitan dengan industri Anda.

Demikian 5 Cara Menargetkan Pelanggan Ideal Anda di Facebook. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mempromosikan atau beriklan untuk produk atau jasa Anda di Facebook Ads…? Mengapa tidak…! Kalau beriklan di Facebook Ads bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda, maka Anda harus mencobanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.